Pilpres 2019 : Jokowi Minta Sandi Jangan Asal Nuduh, Tapi Laporkan ke Aparat

0
26
Pilpres 2019 : Jokowi Minta Sandi Jangan Asal Nuduh, Tapi Laporkan ke Aparat
Pilpres 2019 : Jokowi Minta Sandi Jangan Asal Nuduh, Tapi Laporkan ke Aparat

blanchettephotos.com, Pilpres 2019 – Dalam debat capres-cawapres pertama terkait isu hak asasi manusia (HAM), Moderator Ira Koesno menanyakan strategi Joko Widodo- Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto- Sandiaga Uno mengatasi masalah diskriminasi yang terjadi di Indonesia.

Calon wakil presiden Sandiaga Uno sempat menceritakan hasil blusukannya ke 1000 titik di Indonesia. Dari kunjungan itu, dia miris mendengar cerita penambang pasir di Karawang yang mendapatkan persekusi dan intimidasi. Sandi menyebut masalah ini tak tertangani oleh aparat.

“Dalam kunjungan saya ke 1000 titik ada hal yang membuat kita miris. Pak Najib, di Pantai Pasir Putih, Karawang. Beliau mengambil pasir untuk menanam mangrove, beliau mendapatkan persekusi. Ini tidak terpantau, yang terpantau hanya yang besar-besar saja,” ungkap Sandiaga.

Menanggapi pernyataan Prabowo-Sandi, Jokowi menyebut persaudaraan dan persatuan adalah aset terbesar bangsa. Dia kesal karena Sandi seolah menuduh aparat tidak bekerja profesional dalam menangani laporan rakyat kecil. “Kalau ada persekusi, Pak Sandi nuduh lagi gampang sekali laporkan, saya akan tindak tegas pelaku tersebut,” ujarnya.

Sandiaga mengklaim tidak bermaksud menuduh aparat. “Saya tidak menuduh yang kami sampaikan cerita yang kami tampung dari kunjungan kita. Kami ingin hak asasi manusia definisi besar tapi bagi rakyat kecil hak mendapatkan pekerjaan,” ucap Sandiaga.

“Bahwa setiap masyarakat wajib mendapatkan lapangan kerja yang layak. Rakyat berjuang untuk mendapatkan penghidupan yang layak, biaya hidup yang terjangkau,” terang Sandiaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here