Pilpres 2019 : Wapres Jusuf Kalla Tegaskan Dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf

0
20
Pilpres 2019 : Wapres Jusuf Kalla Tegaskan Dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf
Pilpres 2019 : Wapres Jusuf Kalla Tegaskan Dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf

blanchettephotos.com, Pilpres 2019 – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menunjukkan komitmennya untuk mendukung sekaligus memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Kemarin keduanya tampil secara bersama dalam sebuah deklarasi pemenangan untuk Jokowi-Ma’ruf yang dilakukan Jenggala Center, sebuah lembaga pemikiran, riset, demokrasi, dan sosial yang pada Pilpres 2014 bergerak untuk memenangkan Jokowi-JK.

Setelah memberikan pengarahan tertutup dalam acara deklarasi sekaligus Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Jenggala Center tersebut, Jokowi dan JK secara bersama-sama menggelar jumpa pers. Keduanya kompak mengenakan jaket warna hitam dengan logo JC atau Jenggala Center.

Tampilnya Jokowi-JK secara bersamaan seolah ingin menunjukkan kepada publik bahwa JK mendukung total pasangan Jokowi-Ma’ruf. Sebabnya, belakangan muncul isu bahwa JK disebut-sebut “setengah hati”, bahkan mendukung pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Kepada wartawan, JK tidak banyak mengumbar kata. Namun, dukungan terbuka Jenggala Center yang selama ini identik sebagai lembaga yang di dalamnya banyak diisi tokoh-tokoh yang memiliki kedekatan dengan JK menunjukkan bahwa JK berkomitmen penuh mendukung pemenangan Jokowi-Ma’ruf.

JK mengatakan Jenggala Center merupakan lembaga yang didirikan bersama sejumlah koleganya dari berbagai profesi yang memiliki kepengurusan di sejumlah daerah. JK pun memastikan bahwa Jenggala Center siap memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019.

“Ini kan lembaga kumpulan dari teman-teman semua. Baik dari segi profesi, wilayah, juga daerah, tentu dengan itu siap memenangkan Jokowi-Ma’ruf,” tutur JK saat memberikan keterangan.

Dia mengatakan, lembaga ini pada Pilpres 2014 bergerak untuk memenangkan dirinya bersama Jokowi. Karena itu, pada Pilpres 2019 lembaga ini juga akan melakukan hal yang sama, namun kali ini untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Sementara Jokowi menegaskan dukungan JK terhadap kemenangan dirinya bersama Ma’ruf Amin tidak perlu diragukan lagi. Jokowi menegaskan, sejak awal menyatakan maju kembali dalam Pilpres 2019, JK memastikan mendukung penuh langkahnya untuk kembali memimpin Indonesia lima tahun ke depan.

“Tadi sudah jelas. Jangan sampai ada isu-isu lagi (JK dukung Prabowo-Sandi). Pak JK sejak awal membantu dan mendukung kami. Udah,” tutur Jokowi. Ketua Tim Nasional Jenggala Center Iskandar Mandji memastikan bahwa JK memberikan dukungan penuh untuk kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Dengan konsolidasi ini, saya ingin memastikan bahwa Pak JK 100% mendukung Pak Jokowi- Ma’ruf. Jika ada berita-berita di luar, berbagai foto yang menyebut Pak JK tidak mendukung Jokowi, hari ini saya katakan dengan benar, Bapak JK akan mendukung sepenuhnya Pak Jokowi,” ucap Iskandar di sela Deklarasi Dukungan Jokowi-Ma’ruf.

Menurut Iskandar, dukungan penuh JK karena politikus senior Partai Golkar itu beranggapan bahwa masa depan bangsa harus dipimpin orang yang punya pengalaman dan berpihak kepada rakyat. “Itu karena bangsa ini menghadapi tantangan perjuangan yang tidak mudah,” paparnya.

Sebagai langkah pemenangan, pihaknya akan lebih banyak melakukan kampanye door to door dengan memperkenalkan keberhasilan pemerintahan Jokowi-JK, serta berbagi program kerja Jokowi-Ma’ruf lima tahun ke depan. “Apa yang dilakukan Jokowi saat ini bukan untuk kepentingan pribadi menjadi presiden, tapi untuk kepentingan rakyat,” ungkapnya.

Rakornas Jenggala Center diikuti para peserta yang berasal dari 30 perwakilan di seluruh Indonesia dan belasan jaringan pendukung. Di antaranya Perempuan Jenggala, Jaringan Kemanusiaan, Jaringan Matahari, Tim Jenggala Otomotif Militan, Jaringan Aktivis Jenggala (JALA), Jaringan Relawan Nusantara, Gawagis Jatim, Hejo, dan Solihin GP Center.

Beberapa tokoh yang merupakan pengurus Jenggala Center juga hadir seperti Ibnu Munzir, Anggota DPR dari Fraksi Golkar Mukhtarudin, pengurus DPP Golkar Pieter Wattimena, sekjen Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) pusat, dan politikus senior Golkar yang juga mantan Gubernur Sumatera Utara Alex Noerdin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here