Pileg 2019 : Ini Respons PPP Disebut Terancam Tak Lolos ke Parlemen

0
13
Pileg 2019 : Ini Respons PPP Disebut Terancam Tak Lolos ke Parlemen
Pileg 2019 : Ini Respons PPP Disebut Terancam Tak Lolos ke Parlemen

blanchettephotos.com, Pileg 2019 – Lingkaran Survei Indonesia baru-baru ini merilis hasil penelitian mereka yang terbaru. Salah satu hasilnya, mereka memprediksi lima partai terancam gagal lolos ke parlemen di pemilu tahun depan, karena mendapatkan elektabilitas tak lebih dari empat persen.

Partai-partai itu antara lain, Partai Keadilan Sejahtera (3,9 persen), Partai Persatuan Pembangunan (3,2 persen), Partai Nasdem (2,2 persen), Partai Perindo (1,7 persen), dan Partai Amanat Nasional (1,4 persen).

Masuk sebagai salah satu partai yang terancam gagal lolos ke parlemen, Ketua Umum PPP, M. Romahurmuziy memberikan tanggapan.

“Angka-angkanya memang menunjukkan tidak ada pergeseran partai-partai, kecuali PDIP dan Gerindra saja yang menguat,” kata Rommy, sapaan akrab Romahurmuziy, menanggapi hasil survei LSI tersebut.

Saat ditanya mengenai langkah PPP untuk mengantisipasi hasil survei itu, Rommy belum memberikan jawaban lebih jauh.

Dari survei LSI, PDIP ada di peringkat teratas. Mereka masih unggul dengan raihan 24,8 persen. Kemudian, Partai Gerindra 13,1 persen, Partai Golkar 11,3 persen, Partai Kebangkitan Bangsa 6,7 persen, dan Partai Demokrat 5,2 persen.

Lalu, parpol dengan elektabilitas terendah di antaranya Partai Hanura, Partai Bulan Bintang, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Berkarya, Partai Garuda, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia. Enam partai itu mendapatkan elektabilitas tak lebih dari satu persen.

Dalam penelitian ini, LSI menggunakan metode multistage random sampling, dan wawancara tatap muka model kuesioner. Adapun dalam pengumpulan data dilakukan pada 12-19 Agustus 2018, dengan jumlah 1.200 responden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here