Pilpres 2019 : 7 Kepala Daerah di Sumatera Barat Teken Dukungan ke Jokowi

0
139
Pilpres 2019 : 7 Kepala Daerah di Sumatera Barat Teken Dukungan ke Jokowi
Pilpres 2019 : 7 Kepala Daerah di Sumatera Barat Teken Dukungan ke Jokowi

blanchettephotos.com, Pilpres 2019 – Tujuh kepala daerah di Provinsi Sumatera Barat telah menandatangani surat pernyataan dukungan kepada pasangan Jokowi – Ma’rufAmin di pemilihan presiden atau Pilpres 2019. Ke-tujuh kepala daerah itu adalah Bupati Sijunjung, Bupati Dharmasyara, Bupati Pasaman, Bupati Tanah Datar, Bupati Pesisir Selatan, Bupati Mentawai dan Wali Kota Bukittinggi.

Dari penelusuran Tempo, satu dari tujuh kader kepala daerah di Sumatera Barat yang pro-Jokowi tersebut, adalah kader Partai Amanat Nasional (PAN). Dia adalah Bupati Pesisir Selatan periode 2016-2021, Hendrajoni. “Ya (beliau mendukung Jokowi),” ujar Ketua DPD PDIP Sumatera Barat, Alex Indra Nurman kepada Tempo, Selasa malam, 18 September 2018.

Adapun Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan, dirinya belum mengetahui ihwal tersebut. “Saya belum mendengar berita tersebut. Segera saya tanyakan ke ketua wilayah,” ujar Eddy Soeparno saat dikonfirmasi Rabu dini hari, 19 September 2018.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) Abdul Kadir Karding mengklaim, tidak hanya tujuh kepala daerah itu saja yang akan mendukung Jokowi. Melainkan ada lima kepala daerah lainnya yang sudah menyatakan dukungan, namun belum meneken surat dukungan.

“Mereka akan masuk ke pengarah teritorial dan ada yang mendukung secara informal,” ujar Karding di Posko Cemara, Selasa malam, 18 September 2018.

Berikut daftar lengkap nama dan asal partai 12 kepala daerah di Sumatera Barat yang akan mendukung Jokowi – Ma’rufAmin di pilpres 2019:

Sudah meneken surat dukungan:
1. Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin (Golkar)
2. Bupati Dharmasyara, Sutan Riska Tuanku Kerajaan (PDIP)
3. Bupati Pasaman, Yusuf Lubis (NasDem)
4. Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi (Golkar)
5. Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni (PAN)
6. Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet (PDIP)
7. Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias (non-partai)

Akan menyusul:
1. Bupati Lima Puluh, Irfendi Arbi (PDIP)
2. Bupati Solok, Gusmal (non-partai)
3. Wali Kota Solok, Zul Elfian (non-partai)
4. Wali Kota Padang Panjang terpilih, Hendri Arnis (non-partai)
5. Wali Kota Pariaman terpilih, Mukhlis Rahman (non-partai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here