Pilpres 2019 : Timses Beberkan Alasan Jokowi – Ma’ruf Pede Menang 55 Persen

0
44
Pilpres 2019 : Timses Beberkan Alasan Jokowi - Ma'ruf Pede Menang 55 Persen
Pilpres 2019 : Timses Beberkan Alasan Jokowi - Ma'ruf Pede Menang 55 Persen

blanchettephotos.com, Pilpres 2019 –  Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) Abdul Kadir Karding mengatakan, koalisinya menargetkan calon Presiden inkumben Joko Widodo dan Ma’ruf Amin (Jokowi – Ma’ruf) memenangkan 55 persen suara dalam Pilpres 2019. Target kami realistis di angka 55 persen,” kata Karding kepada Tempo pada Selasa pekan lalu.

Dalam rapat di Rumah Cemara, markas tim pemenangan Jokowi – Ma’ruf, pada tiga pekan lalu itu, tim memutuskan untuk menggarap secara optimal pemilih di semua provinsi di Jawa, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Pemilih di Jawa dan Sumatera Selatan mencapai 113 juta orang atau sekitar 61 persen dari total pemilih yang berjumlah 185,9 juta.

“Tapi, karena ada deklarasi 10 kepala daerah di Sumatera Barat, kami juga tertantang untuk memenangkan Jokowi di sana,” kata Karding. Ia mengatakan peta dukungan untuk Jokowi berubah di Pilpres 2019. Salah satu alasannya adalah Ma’ruf Amin yang menjadi cawapres Jokowi.

Karding mencontohkan, untuk Jawa Barat dan Banten sudah terlihat berubah. Dia juga memprediksi Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan juga bisa berubah. “Berubahnya itu, selain karena Pak Jokowi berpasangan dengan Kiai Ma’ruf Amin, juga pembangunan yang nyata di daerah yang kalah tersebut,” kata Karding.

Jawa Barat dan Banten bisa dibilang momok bagi kubu Jokowi. Dalam Pilpres 2014, Jokowi yang kala itu menggandeng Jusuf Kalla (JK) kalah di dua daerah tersebut. Di Banten, Prabowo mendapat 57,10 persen sementara Jokowi 42,90 persen. Di Jawa Barat, Jokowi kalah dengan perolehan 40,22 persen dan Prabowo 59,78 persen.

Menurut pejabat teras PKB ini, politik identitas dan sentimen-sentimen agama sudah tidak laku lagi dimainkan setelah Jokowi berpasangan dengan Ma’ruf Amin. Untuk Banten dimana Jokowi kalah di pilpres 2014 misalnya, Ma’ruf Amin lahir di Tangerang, Banten dan juga cicit dari mantan Imam Besar Masjidil Haram, yakni Syeikh An Nawawi Al Bantani yang sangat dihormati di sana.

Untuk di Jawa Barat, Gubernur terpilih Ridwan Kamil juga telah menyatakan dukungannya kepada Jokowi. Begitu pula dengan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih di Sumatera Selatan, Herman Deru-Mawardi Yahya telah menyatakan dukungan kepada Jokowi – Ma’ruf Amin. Makanya koalisi Jokowi – Ma’ruf Amin optimistis menggasak 55 persen suara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here