Pilpres 2019 : 31 Juta Warga Telah Rekam e-KTP Belum Masuk DPT

0
16
Pilpres 2019 : 31 Juta Warga Telah Rekam e-KTP Belum Masuk DPT
Pilpres 2019 : 31 Juta Warga Telah Rekam e-KTP Belum Masuk DPT

blanchettephotos.com, Pilpres 2019 – KPU telah menerima data analisis daftar pemilih dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Tercatat 31 juta pemilih yang telah merekam KTP elektronik belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Berdasarkan surat dari Dukcapil analisis DPT pemilu disampaikan salah satu poinnya terdapat 31.975.830 jiwa pemilih, yang sudah melakukan perekaman data KTP elektronik tapi belum masuk DPT kita,” ujar Komisioner KPU, Viryan Aziz, di Dalam diskusi ‘Gerakan Melindungi Hak Pilih’, di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat (5/10/2018).

Analisi ini merupakan hasil pengecekan dari Daftar Pemilih Potensial Pemilu (DP4), dengan DPT. Viryan mengatakan sebelumnya tercatat data pemilih yang belum terdaftar, yaitu 11 juta pemilih.

“Berdasarkan DP4 dari dukcapil, jumlah pemilih kita 196 juta, sementara DPT 185 juta maka ada potensi pemilih yang belum terdaftar sebanyak 11 juta,” ujar Viryan.

Viryan mengatakan jumlah ini dapat menimbulkan potensi permasalahan dalam DPT. Sehingga, menurutnya, saat ini KPU mentargetkan menyelesaikan 31 juta pemilih masuk dalam DPT.

“Jumlah ini besar sekali potensinya, dan ini jadi target kita. Targetnya bukan lagi 11 juta melainkan 31 juta,” kata Viryan.

“Karena angkanya sebesar ini perlu dilakukan upaya melindungi hak pilih secara terstruktur, masif, dan partisipatif,” sambungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here