Hati-Hati Banyak Hoaks Terkait Gempa Palu Magnitudo 5,2

0
33
Hati-Hati Banyak Hoaks Terkait Gempa Palu Magnitudo 5,2
Hati-Hati Banyak Hoaks Terkait Gempa Palu Magnitudo 5,2

blanchettephotos.com, Gempa Palu – Masyarakat khususnya yang berada di Palu dan Bulukumba harus berhati-hati dengan banyaknya kabar bohong atau hoaks terkait gempa yang baru saja terjadi, dengan Magnitudo 5,2 dan 4,8.

Sebab, saat ini banyak foto dan video hoaks yang beredar dan meresahkan masyarakat. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, kedua gempa itu tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa.

Namun oleh oknum disebarkan video dan foto-foto di medsos bahwa gempa tersebut menyebabkan jalan terbelah, rumah hancur, dan kepanikan luar biasa. Video dan foto itu adalah dokumentasi dampak gempa Magnitudo 7,4 di Donggala yang terjadi pada 28 September 2018 sore,” ujar Sutopo, Selasa (9/10/2018).

Sutopo meminta masyarakat tetap tenang. Sebab jika gempa kecil, tidak akan menimbulkan dampak apa pun.

“Hampir setiap hari terjadi gempa di Indonesia. Rata-rata 5.000 hingga 6.000 kali kejadian gempa dalam setahun di Indonesia. Jadi jangan terlalu takut dan berpikir negatif saat mendengar informasi ada gempa. BNPB dan BMKG pasti menyampaikan kepada masyarakat,” tandas Sutopo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here