Pemilu 2019, Nasib OSO Masih Digantung KPU

0
10
Pemilu 2019, Nasib OSO Masih Digantung KPU
Pemilu 2019, Nasib OSO Masih Digantung KPU

blanchettephotos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih belum bisa memutuskan nasib Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), apakah bisa maju menjadi caleg DPD di Pemilu 2019 atau tidak. Diketahui, OSO juga merupakan Ketua DPD RI yang menggantikan Irman Gusman.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya belum bisa memutuskan OSO karena para komisioner belum bisa satu suara soal boleh atau tidaknya OSO menjadi caleg DPD dari Kalbar.

“Yang sebetulnya hari ini mungkin belum bisa diumumkan, tapi belum satu suara,” ujar Arief Budiman, di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (27/11).

Arief juga menambahkan, KPU tidak ingin main-main dalam keputusan tersebut. Pasalnya, dalam memutuskan OSO bisa menjadi caleg atau tidak perlu adanya kehati-hatian. Jangan sampai setelah masalah diputusakn tapi malah menjadi konflik baru.

“KPU pasti akan melaksanakan putusan. Tapi bagaimana melaksanakan putusannya, nah itu yang sedang kita buat,” katanya.

Sebelumnya, polemik terkait polemik pencalonan OSO sebagai caleg DPD berawal dari terbitnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 30/PUU-XVI/2018 pada 23 Juli 2018.

Dalam putusan itu, MK menegaskan bahwa DPD tidak boleh diisi oleh pengurus parpol. Anggota partai yang mencalonkan diri menjadi anggota DPD harus mengundurkan diri dari kepengurusan parpol. KPU pun merujuk dari putusan MK itu lantas menerbitkan PKPU yang melarang

Di sisi lain, pendaftaran pencalonan DPD sudah berjalan. Termasuk OSO yang masih menjabat sebagai ketua umum Partai Hanura juga sudah mendaftarkan diri.

Putusan MK ditindaklanjuti KPU RI dengan menerbitkan aturan PKPU. Pelarangan OSO menjadi caleg dan mencoret pengunduran diri dari parpolnya masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here